Selasa, 09 Desember 2014

Meningkatkan kemampuan diri dengan NLP






Anda tentu masih ingat dengan presuposisi “setiap orang mempunyai sumber daya (resource) yang dia butuhkan untuk sukses”. Pengalaman hidup, kesuksesan, kegagalan, jatuh bangun Anda, hingga pengetahuan yang Anda miliki adalah sumber daya paling berharga untuk kesuksesan Anda sendiri.
Untuk beberapa saat saya akan ajak Anda untuk kembali pada momen-momen paling berharga bagi diri Anda. Temukan  2 atau 3 pengalaman paling membuat Anda bahagia, bersyukur, dan percaya diri, kapanpun dan di manapun.

Nah untuk lebih detilnya ikuti langkah-langkah di bawah ini, ingat jika mau paham, maka praktekkan !
Oya sebelum saya ajak Anda untuk mempraktekkan bagaimana menggunakan lingkaran kehebatan, saya akan ajak Anda untuk mempelajari bagaimana menjangkarkan emosi, atau nanti akan sering disebut sebagai ANCHOR.  Kondisi emosi dan perasaan dapat dijangkarkan dalam diri kita. Anchor dapat menggunakan salah satu atau kombinasi dari 5 indera yang kita miliki.
Contohnya begini, pernahkan Anda mendengar lagu kenangan, dan saat Anda mendengarkan lagu itu Anda ingat seseorang atau suatu tempat?.
Atau Anda mencium wangi parfum tertentu, dan saat itu juga Anda ingat dengan seseorang?
Atau mungkin  Anda merasakan sangat nyaman ketika merasakan usapan lembut atau pelukan hangat dari seorang ibu ?
Jika Anda pernah merasakan pengalaman di atas, saya ucapkan selamat, karena Anda sudah merasakan sendiri bagaimana dahsyatnya anchor.
Nah, Anda dapat secara sengaja menciptakan anchor buat Anda sendiri, sesuai dengan tujuan dan keinginan Anda.
Contoh penerapannya adalah, untuk menjangkarkan semangat ada yang mengepalkan tangan dan teriak, ‘Yesss!’, atau untuk percaya diri seseorang menepuk dada sebelah kiri, sambil komat-kamit ‘bisa, bisa, bisa…..’, atau ada juga yang sebelum mengajar bernyanyi ‘AKU BISA’ sambil loncat-loncat.
Itu semua adalah contoh anchor dan pemanfaatanya. Apakah anchor selalu positif? Ya untuk anchor yang memang sengaja dibuat. Untuk orang-orang yang phobia, itu sebenarnya juga adalah proses anchoring emosi negative dan ketakutan. Jadi ketakutan akan terpicu ketika melihat kecoa, kucing, ular atau balon.
Atau jika Anda termasuk yang takut kegelapan, berarti pemicu ketakutan itu adalah kondisi gelap tersebut.
Menggunakan beberapa teknik NLP dan hypnotherapy, ketakutan atau phobia dapat disembuhkan dengan efektif.
Sekarang, Anda saya ajak kembali untuk mempraktekkan lingkaran kehebatan yang sudah saya janjikan….., berikut langkah-langkahnya :
1. Temukan kondisi penuh sumber daya (resourceful)  yang sudah ada pikirkan sebelumnya.
2. Buatlah lingkaran imajiner di lantai dengan ukuran kira-kira bisa dimasuki 1-2 orang. Buat lingkaran itu berwarna sesuai dengan warna favorit Anda. Jika Anda mendengar suara, buatlah suara mendengung namun lembut saat lingkaran itu terlihat jelas oleh Anda. Pastikan Anda belum masuk ke dalam lingkaran tersebut.
3. Sekarang masukkan kondisi penuh sumber daya itu kedalam lingkaran tersebut, dan lihat diri Anda (atau bisa memodel orang lain) dalam kondisi yang penuh sumber daya, seperti bahagia, tenang, yakin, semangat dan percaya diri. Lihat apa yang Anda lihat, dengarkan apa yang Anda dengarkan dan rasakan perasaan Anda ketika melihat gambaran dalam lingkaran tersebut.
Bayangkan semua resource tadi bergabung dan membaur menjadi satu dengan warna, suara dan perasaan yang muncul saat itu.
4. Sekarang masuklah ke dalam lingkaran, dan rasakan perasaan yang berubah, saat Anda pertama kali masuk ke lingkaran itu.
Perkuat perasaan Anda dengan menarik nafas dalam dan kuatkan lagi hingga mencapai skor 9-10.
5. Saat Anda berada pada kondisi puncak Anda dapat membuat anchor seperti dengan teriak “Yes I Can!”, mengepalkan tangan, atau mengangkat dua tangan terkepal seperti lambang victory.
Anda dapat mengulangi beberapa kali secara mental untuk beberapa resource yang Anda inginkan (bahagia, tenang, percaya diri, yakin, dan semangat) satu persatu.
Terakhir keluarlah mundur dari lingkaran, dan biarkan perasaan-perasaan itu berada dalam lingkaran, dan break state…
————-
Anda dapat mengulangi proses melangkah masuk ke dalam lingkaran dan memacu anchor yang sudah Anda buat.
Nah di sini Anda dapat memanfaatkan kondisi pengalaman puncak (peak experience) untuk membayangkan sukses di masa depan (future pacing).
Contohnya:
Sambil Anda masuk ke dalam lingkaran, akses semua resource yang ada, picu anchornya, dan dalam imajinasi mental Anda, Anda sedang berada pada kondisi yang benar-benar Anda inginkan (sukses).
Kapanpun Anda menginginkannya, Anda cukup rileks, tarik nafas panjang dan pelan, akses anchornya, dan niatkan mendapatkan resource yang Anda inginkan.




Produk  :



Ingin masuk kondisi alpha theta silahkan klik disini

Rabu, 26 November 2014

Memperkuat rasa syukur

 





Apakah Anda menginginkan hidup yang lebih bahagia, berkelimpahan dan memiliki keuangan yang stabil? Tentu saja. Semua orang menginginkan hal ini. Bila demikian, maka kita perlu segera mengembangkan sikap syukur.
Sikap syukur akan mengubah hidup kita. Kekuatan dari sikap syukur adalah, semakin kita bersyukur, semakin kita temukan hal-hal yang patut kita syukuri. Ini adalah cara kerja dari Hukum Tarik Menarik (Law of Attraction). Berikut ini adalah beberapa kiat untuk mengembangkan sikap syukur:
 
     1. Hargai hal-hal yang kelihatannya "biasa" dalam hidup.
  Hargailah hal-hal kecil seperti secangkir kopi panas dipagi hari, secercah sinar matahari yang mengintip dibalik pepohonan, obrolan ringan dengan teman, dan sebagainya. Bukalah mata Anda terhadap hal-hal disekitar Anda. Fokus pada apa yang baik, bukan yang buruk. Ada pepatah mengatakan, "Orang yang mengeluh tidak memiliki sepatu akan berhenti setelah bertemu orang yang tidak memiliki kaki." Lihatlah situasi yang Anda hadapi, dan temukan hal-hal yang bisa Anda syukuri.
Sikap syukur akan menghadirkan kegembiraan dan penghargaan terhadap apa yang telah kita miliki saat ini. Banyak hal baik dalam hidup yang kita terima begitu saja tanpa kita sadari. Saat tragedi datang, baru kita sadari betapa segala yang kita miliki itu begitu berharga. Kesadaran yang muncul justru di saat-saat kita hampir kehilangan itu semua.
Syukurilah apa yang Anda miliki dan orang-orang disekitar Anda. Anda dapat mensyukuri hal-hal mendasar dalam hidup seperti makanan, air, listrik, dan sebagainya. Ketika kita mulai memikirkan hal itu, kita akan semakin menghargai apa yang telah kita miliki.
Siapa yang diuntungkan oleh sikap syukur kita tidaklah penting. Yang terpenting adalah perasaan yang kita dapatkan dari rasa syukur. Temukanlah hal-hal yang dapat kita syukuri dan rasakan kegembiraan dari rasa syukur. Itu bisa saja orang yang dekat dengan kita atau orang yang memiliki pengaruh atas diri kita. Hal ini akan menumbuhkan sikap positif, yang dengan sendirinya meniadakan sikap negatif.
  1. Lihat sisi baik dari setiap situasi
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mensyukuri hal buruk yang pernah menimpa Anda. Kenapa? Pertama, bila kita bisa menemukan sisi-sisi yang bisa kita syukuri atas hal buruk yang menimpa kita, maka perasaan kita akan membaik. Kedua, sadarilah bahwa masalah akan selalu ada selama kita hidup. Dibalik segala masalah itu, ada pelajaran yang bisa kita petik. Dengan menyadari hal ini, kita akan lebih membuka diri melihat situasi yang ada. Seringkali, perubahan sudut pandang seperti ini membuat kita bisa melihat adanya hal-hal yang patut disyukuri dalam situasi yang kita hadapi.
Bahkan seandainya kita dihadapkan pada keadaan yang paling sulit sekalipun, selalu ada hal-hal dibalik keadaan itu yang bisa kita syukuri. Ketika rasa syukur ini hadir, maka hadir pulalah kegembiraan dan kepuasan.
  1. Pikirkan keseluruhan prosesnya
Ketika Anda menerima sesuatu, seperti lukisan seorang anak, atau hadiah yang mahal dari seseorang, coba berhenti sejenak untuk berpikir: berapa banyak waktu, usaha, dan pikiran yang telah dicurahkan hingga hadiah itu hadir ditangan kita. Berapa banyak perhatian dan kasih sayang yang tersirat dibalik pemberian itu? Hal itu akan memperdalam rasa terima kasih Anda terhadap pemberinya, maupun pemberiannya.
  1. Ingatlah untuk mengucapkan "terima kasih"
Pujilah dan beritahu betapa anda menghargai mereka - siapapun itu. Anda akan menghadirkan kegembiraan didalam hati orang-orang disekeliling Anda. Tunjukkan rasa terima kasih Anda dengan memberikan kartu ucapan atau hadiah kecil.
Sikap syukur memang bukan cuma sekedar ucapan "terima kasih" di mulut belaka. Lebih jauh lagi, sikap syukur berarti tidak mengeluh terhadap keadaan Anda saat ini. Ketika kita mengeluh mengenai keadaan yang terjadi, hal ini akan menciptakan getaran negatif yang akan menarik semakin banyak hal negatif dalam hidup kita. Bagaimana mengubah hal ini? Dengan mengurangi keluhan, terima keadaan sebagaimana adanya saat ini, dan yakin bahwa hal-hal baik akan terjadi dalam hidup kita.
  1. Keluarlah dari diri Anda sendiri dan berbuat baiklah pada orang lain.
Luangkan waktu untuk membantu orang yang mengalami hal-hal yang lebih parah dibanding diri kita. Masalah kita akan terasa "lebih kecil" pada saat kita membantu orang yang menghadapi masalah yang jauh lebih besar dibanding kita. Bahkan, seringkali usaha ini akan menghadirkan sebuah pencerahan dalam diri kita. Dengan membantu orang lain keluar dari masalahnya, kita akhirnya bisa melihat jalan keluar dari masalah kita sendiri.
  1. Perkecil pengharapan Anda.
Kadang kita terjebak dalam aktifitas kita dan menjadi begitu sibuknya sehingga kita lupa untuk bersyukur. Kita berharap semua orang melakukan bagiannya tanpa perlu disuruh. Sikap ini, dalam kurun waktu tertentu, akan menciptakan lingkungan yang tidak ramah dan tidak kooperatif. Ketika kita berhenti berharap dunia (atau orang) memberi kita sesuatu, kita akan lebih bisa menghargai pemberian atau kontribusi dari orang-orang disekitar kita.
  1. Lebih berkonsentrasi pada solusi ketimbang masalah
Segala yang menjadi fokus Anda, akan berkembang. Bila Anda fokus pada apa yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan lebih. Bila Anda fokus pada apa yang tidak Anda miliki, Anda tidak akan pernah merasa cukup.
Sikap syukur tidak berarti menerima secara membabi buta segala keadaan Anda atau membatasi kesempatan Anda untuk hari esok yang lebih baik. Sikap syukur menumbuhkan perasaan positif yang akan mengembangkan getaran energi positif, yang pada akhirnya akan menarik energi positif yang sama dari lingkungan sekitar kita.
Anda adalah direktur dari energi dan fokus Anda. Bila Anda membiarkan diri Anda ditarik oleh hal-hal, kejadian, atau orang-orang yang membuat kesal dan marah, maka Anda akan menarik lebih banyak lagi hal, kejadian atau orang yang membuat Anda kesal. Sebaliknya, bila Anda mengambil alih kendali dan fokus pada hal-hal yang patut Anda syukuri, maka Anda mengubah aliran energi Anda sehingga menarik lebih banyak lagi hal-hal yang bisa Anda syukuri.
Sikap syukur adalah energi tertinggi karena ia merupakan kombinasi dari rasa terima kasih, penghargaan dan cinta. Bila Anda memiliki energi ini, Anda akan bisa melihat segala hal yang Anda hadapi dengan lebih jernih.
Putuskan kemana arah fokus Anda. Bersyukurlah terhadap segala hal, sekecil apapun tampaknya hal itu. Ini akan menjadi titik awal untuk memiliki getaran energi positif dari rasa syukur.
  1. Buatlah sebuah Jurnal Sikap Syukur
Sarah Ban Breathnach dalam buku best-sellernya, Simple Abundance: A Daybook of Comfort and Joy, menganjurkan penggunaan sebuah Jurnal Sikap Syukur (Gratitude Journal). Ia mengatakan bahwa jurnal ini merupakan "sebuah alat yang dapat mengubah kualitas hidup Anda". Pada dasarnya, sebuah Jurnal Sikap Syukur adalah catatan mengenai 5 hal yang kita syukuri setiap hari. Ada hari-hari tertentu dimana kita harus berpikir keras untuk mendapati 5 hal yang bisa kita syukuri hari itu. Ada hari dimana kita dapat dengan gampang mendapati sepuluh atau bahkan duapuluh hal yang bisa kita syukuri. Hargai hal-hal kecil. Hargai orang yang memberi senyum dan bersikap ramah pada Anda. Hargai kulit halus seorang anak yang melingkarkan tangannya di bahu kita. Hargai lagu baru yang Anda dengar di radio dalam perjalanan ke kantor.
Buatlah Jurnal Sikap Syukur Anda dan tuliskan lima hal yang bisa Anda syukuri setiap malam. Perhatikan bagaimana proses ini akan memperdalam penghargaan Anda akan hidup Anda sendiri saat ini. Anda mungkin akan mencoba membuat sebuah Jurnal Sikap Syukur Keluarga, dimana setiap malam kita menuliskan lima hal yang bisa kita syukuri sebagai sebuah keluarga.
 

Mulailah hari Anda dengan sikap syukur, dan akhiri juga hari Anda dengan sikap syukur. Maka niscaya Anda akan menjalani sebuah kehidupan yang lebih bahagia, penuh kepuasan, dan harmoni dengan orang-orang dan lingkungan sekitar Anda. 




Produk :


Ingin masuk kondisi alpha -Theta dengan cara mudah dan menyenangkan . Klik disini