Rabu, 13 Mei 2015

Bersyukur mendatangkan banyak keajaiban didalam hidup kita








Mungkin bagi Anda sudah tidak asing lagi ilmu tentang rahasia “The Secret” yang telah banyak dipublikasikan dalam bentuk buku maupun movienya. Hal yang paling esensial dikaji dalam The Secret adalah ilmu tentang “the law of attraction”, yaitu hukum tarik-menarik yang menyatakan bahwa kemiripan akan menarik kemiripan pula. Sesuatu yang berpotensi positif akan menarik sesuatu yang berpotensi positif, sedangkan sesuatu yang berpotensi negatif akan menarik potensi negatif juga. Untuk itulah dituntut agar manusia selalu dalam kondisi positive feeling agar hal positif selalu datang dalam kehidupan, bukan sebaliknya. Inspirasi semacam itu telah menginspirasi terbitnya buku best seller asli Indonesia berjudul Quantum Ikhlas.
Salah satu cabang dari ilmu The Secret adalah ilmu The Magic yang juga dirilis oleh Rhonda Byrne. Dalam The Magic disebutkan bahwa satu hal kunci keajaiban hidup dimana sebuah misteri besar telah terungkap untuk menciptakan keajaiban hidup yaitu :
“Siapa yang memiliki akan diberi lebih banyak, dan ia akan memiliki kelimpahan. Siapa yang tidak memiliki, maka bahkan apa yang dimilikinya akan diambil darinya.”
Kutipan di atas berasal dari Injil Matius di dalam Alkitab. Anda harus mengakui bahwa ketika Anda membaca kutipan diatas terdengar tidak adil, seakan-akan yang kaya akan semakin kaya, yang miskin akan semakin miskin. Tapi ada teka teki yang harus Anda jawab dalam kutipan tersebut, sebuah misteri untuk diungkap, dan ketika Anda mengetahuinya maka sebuah duna baru akan terbuka bagi Anda.
Ternyata jawaban dari misteri yang tak terpecahkan selama berabad-abad ini terdapat dalam satu kata yang tersembunyi yaitu SYUKUR.
“Siapa yang memiliki SYUKUR akan diberi lebih banyak, dan ia akan memiliki kelimpahan. Siapa yang tidak memiliki SYUKUR, maka bahkan apa yang dimilikinya akan diambil darinya.”
Bahkan dalam Al Quran kitab suci agama islam telah disinggung secara langsung seberapa signifikannya rasa syukur itu dalam keajaiban hidup.
“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu berSYUKUR, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”
Memang kebenaran itu universal, jika Anda menemukan sebuah ilmu tentang sebuah kebenaran di sini maka Anda juga akan menemukan ilmu serupa di sana. Begitu pula ilmu tentang syukur, dalam buku mega bestseller 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa dan dalam buku “Your Infinitife Power To Be Rich” karya Joseph R. Murphy menegaskan: jika seluruh proses menuju kekayaan material, mental, dan spiritual dipadatkan menjadi satu kata, maka kata itu adalah SYUKUR.
Dengan demikian, memang esensi rahasia dari The Magic karya Rhoda Byrne ini adalah tentang Rasa Syukur. Jika kita menginginkan sebuah karunia tentang kebahagiaan atau keberhasilan tertentu, Anda bisa memulainya dengan syukur. Ingat, sekarang sudah tidak jamannya menunggu karunia datang dulu baru beryukur. Orang-orang di atas rata-rata selalu bersyukur di awal sebelum karunia datang. Karena dengan begitu maka keajaiban akan lebih segera untuk tiba.
Ada berbagai macam aspek dalam kehidupan ini yang patut untuk disyukuri (baca: patut untuk dilipatgandakan nikmatnya) misalnya kebahagiaan, kesehatan, relasi, karier, uang dan benda-benda material yang Anda miliki. Anda bisa meningkatkan keajaiban di area-area tersebut dengan latihan meningkatkan syukur terhadap hal-hal tersebut.
Dalam The Magic disebutkan beberapa latihan untuk membantu Anda meningkatkan perasaan syukur pada area-area tersebut.
1.       Relasi
Syukur akan membuat relasi berkembang. Ketika semakin bersyukur atas relasi apa pun maka dengan ajaib Anda akan menerima kelimpahan kebahagiaan dan hal-hal baik di dalam relasi itu. Sebab, apa pun yang Anda pikir atau katakan tentang orang lain, Anda akan mendatangkannya kepada Anda.
Jika Anda menginginkan keajaiban relasi terhadap orang tertentu, Anda dapat memulainya dengan mencari hal-hal yang dapat Anda syukuri dari orang tersebut. Semakin Anda mengulang-ngulangi untuk mencari hal-hal yang dapat Anda syukuri dari orang itu setiap harinya maka secara ajaib relasi Anda dengan orang tersebut akan membahagiakan dan penuh berkah.
2.       Kesehatan
Kesehatan adalah hal paling berharga dalam hidup, namun begitu, seringkali kita menyepelekannya dengan kurang memperhatikan alias kurang bersyukur saat masih sehat. Ketika sudah sakit, baru deh ingat. Kekayaan terbesar adalah kesehatan. Orang yang menikmati kesehatan secara baik adalah orang yang kaya, meski dia tidak mengetahuinya.
Jika Anda rajin bersyukur atas kesehatan Anda, maka insya Allah Anda akan jarang sekali sakit. Syukur adalah vaksin, anti racun, dan antiseptik. Derajat kedalaman syukur Anda atas kesehatan Anda adalah persis sama dengan derajat peningkatan kesehatan Anda secara ajaib, dan derajat ketidaksyukuran Anda adalah persis sama dengan derajat penurunan kesehatan.
Untuk itu supaya kesehatan Anda tetap terjaga, Anda dapat sering-sering mencari hal-hal yang dapat Anda syukuri terhadap organ-organ tubuh Anda. Misalnya Anda sangat bersyukur karena memiliki dua kaki yang kuat sehingga bisa mengantarkan Anda ke tempat-tempat tujuan. Anda bersyukur memiliki mata untuk melihat dunia yang begitu Indah. Anda memiliki hidung dan sistem pernafasan yang baik sehingga Anda mampu menghirup segarnya udara. Bahkan ketika Anda sedang sakit pun tetap Anda bisa bersyukur karena syukur itu sangat tidak terbatas jumlahnya. Justru dengan bersyukur maka sakit Anda berangsur-angsur akan menghilang. Misalnya ketika hidung Anda mampet karena flu, Anda masih bisa bersyukur karena yang mampet itu hanya satu lubang hidung saja sehingga Anda masih bisa menghirup udara lewat lubang lainnya. Temukan sendiri syukur-syukur itu, tingkatkan lalu perhatikan keajaibannya datang.
3.       Uang
Jika terjadi kekurangan uang di dalam hidup Anda, pahami bahwa perasaan cemas, iri, cemburu, kecewa, kecil hati, ragu, atau takut tentang uang tidak akan pernah mendatangkan lebih banyak uang kepada Anda karena perasaan-perasaan tersebut datang dari tiadanya syukur atas uang yang Anda miliki.
Syukur adalah kekayaan, sedangkan keluhan adalah kemiskinan. Kita semua tahu bahwa untuk mendapatkan suatu kebutuhan kita memerlukan uang untuk mendapatkan kebutuhan itu sehingga secara otomatis nominal saldo kita berkurang untuk membelanjakan. Untuk menjaga agar kita selalu diberi kelimpahan atas uang, kita dapat memulainya dengan bersyukur atas berapapun uang yang masih kita miliki, kemudian jika uang tersebut telah kita belanjakan kita dapat bersyukur atas manfaat yang kita terima dari benda-benda yang telah kita peroleh dari uang tadi.
4.       Karier
Bila Anda melakukan suatu kegiatan, suatu seni, suatu disiplin, suatu keterampilan, lakukanlah dan doronglah sejauh mungkin. Doronglah lebih jauh dari sebelumnya sampai ke tepian yang paling liar, maka Anda mendorongnya ke dalam ranah keajaiban.
Bagaimana mungkin seseorang yang lahir dalam kemiskinan total, memulai dari nol, dan memiliki sedikit sekali pendidikan, lalu tiba-tiba menjadi presiden atau selebritis yang membangun perusahaan raksasa dan menjadi orang terkaya di dunia? Dan bagaimana mungkin dua orang memulai di dalam karier yang sama, yang satu beralih dari sukses menjadi lebih sukses sementara yang satunya lagi walaupun telah bekerja keras tetap saja hasilnya pas-pasan? Terlepas dari seberapa keras usaha mereka semua, ada mata rantai yang hilang dari kesuksesan seseorang yaitu syukur.
Anda dapat mencoba untuk mensyukuri apapun yang Anda kerjakan, sekecil apapun pekerjaan tersebut Anda harus memaksakan diri untuk bersyukur terhadap hal itu. Dengan demikian maka insya Allah karier Anda akan semakin meningkat.
Untuk aspek kehidupan lainnya yang lebih luas, Anda bisa melakukan syukur sebagai berikut.
-          Untuk memperoleh keajaiban karunia yang lebih banyak setiap harinya, Anda dapat menuliskan mimimal 10 hal yang Anda syukuri setiap hari sebelum Anda tidur.
-          Untuk keluar dari situasi yang negatif, Anda dapat menuliskan minimal 10 hal baik yang Anda peroleh atas situasi negatif itu untuk Anda syukuri.
-          Untuk dapat memperoleh manfaat dari setiap makanan dan minuman, Anda dapat meluangkan waktu Anda untuk mensyukuri setiap apapun makanan dan minuman yang tersaji.
-          Untuk dapat terbebas dari tagihan atau hutang, Anda dapat bersyukur atas tagihan yang datang atas suatu barang tertentu karena Anda telah memperoleh manfaat dari barang tersebut.
-          Untuk selalu mendapatkan keramahan ajaib dari setiap orang, Anda dapat mengucapkan terima kasih sambil tersenyum kepada setiap orang yang berinteraksi dengan Anda atau membantu Anda dengan bantuan sekecil apapun itu, bahkan jika Anda membeli sesuatu Anda ta perlu sungkan untuk berterimakasih kepada penjual (walaupun Anda sebagai pembeli) sebab dia telah menjual barang yang Anda perluka.
-          Untuk memperoleh sepanjang hari yang ajaib, Anda dapat bersyukur mulai dari sejak Anda membuka mata saat bangun tidur di pagi hari. Segeralah Anda temukan hal yang bisa Anda syukuri misalnya air yang segar untuk mandi,dll. Hanya sedikit syukur di pagi hari namun Anda akan mengalami hari yang ajaib sepanjang hari.
-          Untuk memperoleh semua keinginan Anda secara ajaib, baik itu berupa agenda kegiatan, atau sebuah acara yang akan berlangsung dan Anda menginginkan hasil yang luar biasa atas acara tersebut, Anda dapat bersyukur sebanyak-banyaknya seakan-akan Anda telah memperoleh apa yang Anda inginkan tersebut.
-          Anda bisa mengubah kesalahan yang pernah Anda lakukan dengan sebuah syukur atas hikmah atau pelajaran yang dapat Anda petik dari kesalahan yang Anda lakukan sehingga secara ajaib Anda akan menjadi pribadi yang semakin baik dan penuh karunia.
-          Untuk menyembuhkan seseorang yang sedang sakit secara ajaib, Anda dapat membayangkan orang tersebut telah dikaruniai kesehatan secara sempurna.
-          Untuk menjadi pribadi yang semakin berkualitas secara ajaib Anda dapat mengucap rasa syukur terhadap diri Anda setiap kali Anda bercermin.
-          Untuk semakin memantapkan dan membiasakan syukur Anda, Anda dapat mengucapkan syukur (Alhamdulillah) di setiap langkah kaki Anda. Sebab secara Anda sadari atau Anda hayati atau tidak, kata-kata syukur seperti Alhamdulillah ibarat sebuah mantra ajaib untuk menciptakan keajaiban atas segala hal.
-          Untuk membiasakan pikiran Anda untuk bersyukur, sebenarnya alam semesta telah menyediakan banyak fasilitas untuk bersyukur. Fasilitas itu berupa tanda-tanda di sekitar kita. Misalnya ketika Anda mendengar sebuah sirine mobil ambulan, seketika itu juga adalah isyarat supaya Anda segera bersyukur atas kesehatan Anda.
Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak dapat menemukan hal yang dapat Anda syukuri apapun situasi Anda saat ini. Jika Anda tidak melihat alasan untuk berterima kasih, kesalahan terletak di dalam dirimu sendiri.
Untuk mempertegas hal itu, Allah SWT secara langsung berfirman kepada umat manusia:
“Dan seandainya pohon-pohon di bumi ini menjadi pena dan laut menjadi tinta ditambahkan kepadanya tujuh laut lagi sesudah keringnya, niscaya tidak akan habis-habisnya ditulis kalimat Allah (ilmu-Nya). Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Luqman : 27)




Produk keren :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah menggunjungi Blog Kami ,

Salam Sukses Berkelimpahan

Untuk Komentar Yang berbau SARA , Melecehkan , Dan Promosi Judi Porno Dan yang tidak sepatutnya akan terhapus otomatis

_/I\_